Kamis, 24 Desember 2015 18.05

Air Terjun Tumpak Sewu

Di Edisi Spesial Liburan ini, Situs Wisata Indonesia akan mengulas salah satu Air Terjun yang sangat indah yang ada di Indonesia. Banyak orang yang menyebut tempat ini adalah Niagaranya Indonesia. Tumpak Sewu merupakan nama yang populer untuk tempat ini, sebagian orang ada yang menamakan juga coban sewu
Kenapa dinamakan tumpak sewu?? Karena di Tumpak sewu ini terdapat banyak air terjun dalam satu lokasi. Disini pun terdapat Goa tetes yang memang sebelum dibukanya Air terjun Tumpak sewu untuk tempat wisata adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal

Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Coban sewu

Lokasi

Air Terjun Tumpak sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Indonesia. Tepatnya di kaki gunung semeru.

Akses

Untuk akses perjalanan menuju lokasi memang tidak terlalu sulit, Jika Anda dari Surabaya / Malang bisa ditempuh selama kira-kira 4 jam perjalanan menuju lokasi. Jika dari jember sekitar 2,5 jam perjalanan. Namun Anda akan mengalami kesulitan saat akan menuju air terjun dari pintu masuk., karena medan yang akan Anda tempuh lumayan cukup menantang sehingga Anda perlu berhati-hati saat menyusuri sungai dan akan menuju ke lokasinya.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Air Terjun relatif sangat murah karena memang Tempat wisata ini belum lama dibuka dan dikomersilkan. Dan tiket masuk tiap spot pun berbeda-beda, karena disini ada beberapa spot pintu masuk mengingat luasnya lokasi Tumpak Sewu. Namun rata-rata tarif yang dipatok untuk masuk ke area tersebut sekitar Rp. 3000 - Rp. 5000.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu

  • Pakailah sandal yang tidak licin, atau memakai sepatu outdoor (karena tempat yang berair dan banyak batu-batu licin)
  • Simpan dan amankan barang barang elektronik dengan dibungkus plastik mengingat tempat yang dikunjungi mempunyai banyak air terjun yang bisa membuat basah diri Anda ketika sampai di tempat tujuan.
  • Bawalah bekal makanan dan Minuman. Perjalanan yang akan ditempuh bisa melebihi 1 jam dari tempat parkir kendaraan, dan akan jarang orang yang berjualan di lokasi. 
  • Perhatikan cuaca dan waktu. Sangat disarankan untuk berkunjung saat cuaca sedang cerah dan jangan terlalu sore karena jika Anda kemalaman akan menyulitkan Anda untuk pulang kembali ke tempat parkir.

About Rina Andina Putri

Informasi tempat wisata yang ada Indonesia

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.